Geografis Desa

Wilayah Desa Nyabakan Timur secara geografis berada di 114º02’ BB - 114º04’ BT dan 6º92’ LU - 6º93’ LS dengan ketinggian 47 m dari permukaan laut (dpl). Desa Nyabakan Timur memiliki luas 4,03 Km2 atau 402,93 Ha yang terbagi menjadi 2 jenis tanah, yaitu tanah sawah dan tanah kering.Tanah sawah memiliki luas 59,95 Ha dan tanah kering seluas 342,98 Ha.
Angka curah hujan rata-rata cukup rendah, sebesar 93,00 mm per tahun sebagaimana daerah lain di Indonesia. Desa Nyabakan Timur beriklim tropis dengan tingkat kelembaban udara lebih kurang 65% dan suhu udara rata-rata 24-32 0C. Curah hujan terendah terjadi pada bulan Juni sampai dengan Oktober. Iklim Desa Nyabakan Timur sama dengan iklim keseluruhan Kabupaten Sumenep,yakni iklim tropis dengan 2 musim, yaitu musing hujan antara bulan November-April dan musim kemarau antara bulan April-November.
Secara administrasi Desa Nyabakan Timur berjarak sekitar 5,5 km dari ibukota Kecamatan Batang-Batang dan 29 km dari ibukota Kabupaten Sumenep. Desa Nyabakan Timur berbatasan langsung dengan beberapa desa. Wilayah timur berbatasan dengan Desa Candi, wilayah Selatan berbatasan dengan Desa Jenanger, wilayah Barat berbatasan dengan Desa Nyabakan Barat, dan ebeslah Utara berbatasan dengan Desa Bilangan dan Dapenda. Nyabakan Timur terbagi menjadi 6 dusun, diantaranya:
a.         Dusun Batu Bintang
b.        Dusun Sekolan
c.         Dusun Laok Saba
d.        Dusun Rongkeang Timur
e.         Dusun Rongkeang Barat

f.         Dusun Parebaan

0 komentar: