Sejarah Desa Nyabakan Timur

Desa Nyabakan Timur merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep. Sejarah terbentuknya Desa Nyabakan Timur adalah ketika seorang raja dari Bali yang bernama Dempo Abang dengan pasukannya menyerang Kerajaan Sumenep. Kala itu Kerajaan Sumenep dipimpin oleh seorang Ksatria yang bernama Jokotole.
Kerajaan Bali dan Kerajaan Sumenep bertarung untuk waktu yang sangat lama. Hingga akhirnya Kerajaan Bali dapat ditaklukkan oleh Kerajaan Sumenep yang dipimpin oleh Jokotole. Selama pertempuran, Jokotole menunggangi kuda putih yang bisa terbang. Sampai saat ini kuda yang ditunggangi Jokotole menjadi lambang dari Kota Sumenep.

Anak buah Dempo Abang yang kalah melarikan diri ke hutan untuk mencari tempat pengungsian. Tak berapa lama, mereka pergi lagi mencari bahan pangan untuk makan. Dalam Bahasa Madura, istilah “mengungsi sebentar” adalah Nyabak. Sedangkan untuk “makan” adalah Ngakan. Sehingga jika 2 kata tersebut dipadukan menjadi Nyabakan. Hingga saat ini Desa Nyabakan dibagi menjadi 2 daerah, yakni Nyabakan Timur dan Nyabakan Barat.

0 komentar: