Sabtu, 05 Agustus 2017

Lomba Kemerdekaan

     
 Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Kemerdekaan itu didapat karena jasa-jasa para pahlawan yang telah gigih berjuang melawan penjajah. Hingga kini, Indonesia telah merdeka selama 72 tahun. Oleh sebab itu, guna mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur, masyarakat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan cara mengadakan lomba-lomba.
            Tujuan utama dari pengadaan lomba tersebut adalah untuk memupuk sportifitas antar peserta. Juga untuk menumbuhkan sifat pantang menyerah yang mana mencerminkan gambaran perjuangan para pahlawan.
       Pada tanggal 05 Agustus – 08 Agustus 2017, KKN 69 Universitas Trunojoyo Madura mengadakan Lomba Kemerdekaan di Desa Nyabakan Timur, Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep. Lomba-lomba yang diadakan adalah Lari Kelereng pada tanggal 05 Agustus 2017. Kemudian pada keesokan harinya diadakan 3 lomba sekaligus, yakni Makan Kerupuk, Lomba Adzan, dan Nyo’on Gaddhang. Setelah itu pada tanggal 07 Agustus 2017 KKN 69 Universitas Trunojoyo Madura melangsungkan perlombaan Joget Balon. Dan pada hari terakhir, yakni tanggal 08 Agustus 2017 diadakan lomba Tartil Qur’an dan Balap Karung.
         Setelah mengadakan lomba-lomba selama 4 hari, pada tanggal 10 Agustus 2017 KKN 69 Universitas Trunojoyo Madura mengadakan Malam Penutupan Lomba Kemerdekaan sebagai acara puncak guna menutup rangkaian acara. Pada acara Malam Penutupan Lomba Kemerdekaan ini, acara-acara yang diadakan yakni pemberian hadiah bagi para pemenang dan penampilan-penampilan dari masyarakat Desa Nyabakan Timur.
           Lomba Kemerdekaan kali ini merupakan lomba yang pertama kali diadakan di Desa Nyabakan Timur. Karena pada tahun-tahun sebelumnya, belum pernah diadakan lomba-lomba seperti itu. Biasanya lomba kemerdekaan hanya diadakan di kecamatan saja. Oleh sebab itu, antusias para warga sangat besar.

            Diharapkan dengan diadakannya lomba-lomba kemerdekaan ini, selain untuk memeriahkan HUT RI ke-72, juga diharapkan agar tumbuh sifat pantang menyerah dan sportifitas pada masyarakat Desa Nyabakan Timur.
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 komentar: